Minggu, 18 Oktober 2015

CARA MEMILIH MINYAK KELAPA ATAU VIRGIN COCONUT OIL

Ada banyak produk minyak kelapa yang beredar di pasaran. Kita perlu memahaminya dan
mengetahuinya karena berbagai produk tersebut diolah dengan cara yang berbeda.

Berdasarkan cara pembuatan, Ir. Winarno, alumnus Tekhnologi Pangan dari Institut Pertanian Bogor, menyebutkan setidaknya ada 3 jenis minyak kelapa.

1. Minyak kelapa industri. Minyak ini dibuat dengan bahan baku kopra melalui proses  RBC (refining, bleaching and deodorizing).Setelah kopra dipres, dibersihkan, diputihkan, lalu dihilangkan bau tengiknya. Minyak kelapa yang dijual untuk memasak kerap dicampur dengan minyak sayur lain, sehingga harganya cukup murah.

2. Minyak kelapa kelentik. Minyak ini dibuat dengan cara tradisional oleh para petani kelapa atau ibu rumah tangga. Caranya dengan memasak santan kelapa hingga minyak terpisah dari blondo (karamel). Kerapkali minyak ini berwarna kuning sampai kecoklatan, akibat terkontaminasi karamel yang gosong.

3. Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO). Minyak ini merupakan minyak kelapa yang tidak mengalami proses hidrogenasi. Agar tidak mengalami hidrogenasi, ekstrasi minyak ini dilakukan dengan proses dingin, misalnya dengan fermentasi, pancingan, sentrifugasi, pemanasan terkendali, pengeringan parutan kelapa secara cepat, dan lain-lain.

4. Meski Ir. Winarno tidak menyebutkan satu jenis VCO yang terakhir ini, tampaknya anda perlu tahu bahwa ada satu produk minyak kelapa yang disebut organik ekstra mengandung MCT atau Medium Chain Triglyserides. Ini merupakan hasil pengolahan lebih lanjut dari VCO berkualitas baik melalui proses esterifikasi gliserol yang diturunkan dari minyak nabati berkadar laurat tinggi dengan asam lemak rantai sedang. Cara paling sederhana membedakan organik ekstra VCO mengandung MCT dengan VCO lain adalah dengan merasakannya.
Bila VCO biasa masih terasa sebagai minyak di lidah, VCO MCT terasa seperti air.







(Sumber tulisan: Tabloid Gaya Hidup Sehat Senior No. 376/ 29 Sept. - 5 Okt, 2006 > Minyak Kelapa, Memang Menyehatkan)




Oleh: Indah Fimayanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar